ABSTRAK
Yolanda
R. Bidul. “Peningkatan
Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Topik Sumber Daya Alam Melalui
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share ini dapat meningkatkan hasil
belajar siswa terhadap materi
yang diajarkan yakni materi sumber daya alam. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tinangkung pada kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I kegiatan siswa menunjukkan bahwa dari 33 siswa yang menjadi obyek penelitian, berdasarkan 8
aspek yang diamati, masih terdapat beberapa indikator yang belum dapat
dilakukan oleh siswa dalam proses pembelajaran, diantaranya yaitu indikator (2)
menunjukkan bahwa 45,45% siswa tidak bekerja sama dengan kelompoknya
masing-masing, indikator (3) menunjukkan bahwa 48,48% siswa tidak aktif dalam
kelas, dan indikator (6) yang menunjukkan hanya terjadi sedikit peningkatan
yaitu pada pertemuan 1 sebanyak 39,39% dan pertemuan 2 sebanyak 36,36%. Untuk hasil belajar siswa
menunjukkan bahwa dari 33 siswa yang
memperoleh nilai 65 keatas sejumlah 42,42% atau hanya 14 orang siswa yang
dikatakan tuntas. Hasil penelitian pada siklus II terjadi peningkatan
yaitu dari 8 aspek yang diamati, siswa yang biasanya tidak aktif dalam kelas,
tidak bekerja sama dengan kelompoknya, dan tidak tekun dalam mengerjakan tugas,
telah berubah dan telah mengikuti yang di anjurkan oleh guru sehingga kelas
terlihat aktif. Keaktifan siswa pada siklus II ini telah membawa perubahan pada
hasil belajar yang diperoleh siswa. Untuk hasil belajar siswa mengalami
peningkatan yaitu dari 33 siswa yang menjadi obyek penelitian 90,90% dikatakan
tuntas atau 30 siswa memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan 3 orang siswa
dikatakan belum tuntas. Dengan melihat
hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I dan II, bahwa penggunaan metode Think Pair Share mempunyai
pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan kualitas pengajaran.
Kata
Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar