Selamat Datang di Blog Anak Langga

Kamis, 21 Maret 2013

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Topik Sumber Daya Alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share



ABSTRAK


Yolanda R. Bidul. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Topik Sumber Daya Alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi yang diajarkan yakni materi sumber daya alam. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tinangkung pada kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I kegiatan siswa menunjukkan bahwa dari 33 siswa yang menjadi obyek penelitian, berdasarkan 8 aspek yang diamati, masih terdapat beberapa indikator yang belum dapat dilakukan oleh siswa dalam proses pembelajaran, diantaranya yaitu indikator (2) menunjukkan bahwa 45,45% siswa tidak bekerja sama dengan kelompoknya masing-masing, indikator (3) menunjukkan bahwa 48,48% siswa tidak aktif dalam kelas, dan indikator (6) yang menunjukkan hanya terjadi sedikit peningkatan yaitu pada pertemuan 1 sebanyak 39,39% dan pertemuan 2 sebanyak 36,36%. Untuk hasil belajar siswa menunjukkan bahwa dari 33 siswa yang memperoleh nilai 65 keatas sejumlah 42,42% atau hanya 14 orang siswa yang dikatakan tuntas. Hasil penelitian pada siklus II terjadi peningkatan yaitu dari 8 aspek yang diamati, siswa yang biasanya tidak aktif dalam kelas, tidak bekerja sama dengan kelompoknya, dan tidak tekun dalam mengerjakan tugas, telah berubah dan telah mengikuti yang di anjurkan oleh guru sehingga kelas terlihat aktif. Keaktifan siswa pada siklus II ini telah membawa perubahan pada hasil belajar yang diperoleh siswa. Untuk hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 33 siswa yang menjadi obyek penelitian 90,90% dikatakan tuntas atau 30 siswa memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan 3 orang siswa dikatakan belum tuntas. Dengan melihat hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I dan II, bahwa penggunaan metode Think Pair Share mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan kualitas pengajaran.


Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar